Direktori  

   

“Reog Kendang Kreasi Jurusan PIAUD dalam PSKM IAIN Tulungagung 2017”

Sejalan dengan Program Kemendikbud melalui Bulan Pendidikan yang salah satunya mengusung sub tema Pendidikan dan Kebudayaan untuk Revolusi Karakter Bangsadan Kebinekaan,inilah salah satu bukti Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) mencetak generasi muda yang bangga akan kesenian yang ada di masyarakat bahkan di Nusantara. Demi mendukung terwujudnya Islam Nusantara yang dapat memadukan antara kebudayaan dan kearifan lokal yang telah menjadi tradisi di Tulungagung, Jawa, bahkan di Nusantara, penampilan seni Tari Reog Kendang PIAUD IAIN Tulungagung dikemas dengan menyesuaikan karakter IAIN Tulungagung yang islami yakni dengan penyesuaian kostum tari yang mencerminkan keindahan sekaligus kesantunan.

Terselenggara dalam rangkaian acara Pekan Seni dan Kreativitas Mahasiswa (PSKM)2017 IAIN Tulungagung oleh Dema I,tampak meriah di panggung utama yang terletak di lapangan depan gedung SBSN. Acara gelar seni yang mulai dilaksanakan setelah dhuhur ini menarik perhatian para penonton, tidak hanya dari kalangan mahasiswa namun para dosen juga turut serta menghadiri acara. Beberapa gelaran seni yang dijadwalkan akan tampil di hari tersebut antara lain : Band, Campursari, Reog Kendang, Tari Nusantara, Drama, Akustik, Dance, Pencak silat, dan lain-lain. Tampak para penonton selain menikmati acara juga berkeliling meramaikan stand-stand produk dan makanan yang sudah digelar sejak hari dua hari sebelumnya.

Sejak pukul 14.30 WIB perhatian penonton teralihkan dengan kedatangan rombongan Reog Kendang Jurusan PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN tulungagung.  Reog Kendang yang dilatih langsung oleh Dosen Seni IAIN Tulungagung, Marenda, M.Sn.,menarik perhatian penonton untuk berkumpul di depan panggung utama. Di sela-sela hujan gerimis yang turun,yel-yel jurusan PIAUD mulai digemakan sebagai pembuka tampilan Reog Kendang PIAUD.

Reog Kendang adalah militery dance atau tari militer yang dulunya digunakan sebagai penyemangat para pasukan. Hal ini terlihat dari instrumentasi yang dimainkan dalam Reog Kendang mayoritas adalah instrumen perkusi/pukul. Kesenian Reog Kendang menggabungkan antara permainan musik dan gerak tari. Dalam kesenian reog, penari sekaligus memainkan kendang yang menjadi instrumen pengiring dalam tari tersebut.

Dalam tampilannya kali ini jurusan PIAUD menampilkan Reog Kendang yang berbeda dari umumnya. Reog Kendang disajikan melalui kolaborasi Reog Kendang dengan Tari Gunungan, Tari Cemeti, dan Tari Rampokan Barongan. Tampilan yang apik, rampak, dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi ini sukses membuat para penonton berdebar di awal dan berdecak kagum diakhir acara. Tepukan gemuruh penonton mengiringi gerakan hormat akhir para Penari Reog Kendang. -Eka Ca. &Elva Yo-

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung