Direktori  

   

DIES NATALIS JURUSAN TADRIS BIOLOGI FTIK IAIN TULUNGAGUNG Dengan Tema "OUR CULTURE DIVERSITY"

Jurusan Tadris Biologi (TBIO) FTIK IAIN Tulungagung, saat ini telah berusia 2 tahun. Meskipun masih baru, jurusan TBIO FTIK IAIN Tulungagung telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan baik yang dilakukan oleh jurusan TBIO sendiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain. Beberapa waktu yang lalu bersama Forum Peduli Lingkungan telah melakukan kegiatan penanaman pohon di lereng Gunung Budheg, lomba poster, bersih-bersih Pantai Gemah dalam rangka memperingati Hari Bumi (22 April), penanaman pohon di Lereng Gunung Kelud, dan juga Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan.

Sebagai rasa syukur ke hadirat Allah SWT, di usia yang ke dua tahun ini, jurusan TBIO FTIK IAIN Tulungagung mengadakan “Dies Natalis” dengan mengusung tema "Our Culture Diversity". Menurut Repik Febriansah (Ketua Pelaksana), kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada kita semua akan keragaman budaya yang ada. Kita harus menjaga keragaman budaya ini. Dengan mengaitkan lingkungan dan keragaman budaya akan diperoleh sebuah solusi cerdas dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Dalam dies natalis ini terdapat serangkaian kegiatan yang telah dilakukan antara lain bersih-bersih sampah di pantai gemah yang telah dilaksanakan bulan April lalu, lomba artikel, lomba fotografi, lomba fashion show dari bahan bekas dan pentas seni, dengan peserta dari mahasiswa jurusan TBIO sendiri maupun dari jurusan lain di IAIN Tulungagung ini.

Semua kegiatan yang ada bertemakan tentang lingkungan. Mengingat banyaknya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini, maka jurusan TBIO FTIK IAIN Tulungagung ingin menunjukkan bahwa terdapat solusi yang baik untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan yaitu dengan melalui reduce, reuse dan recycle bahan-bahan yang sudah tidak terpakai. Melalui kegiatan fashion show, dapat ditunjukkan bahwa dengan merecycle bahan bekas akan menjadikan sebuah produk yang luar biasa. Selain itu melalui kegiatan fotografi juga dapat ditunjukkan masih banyaknya tempat-tempat yang tercemar, sehingga perlu penanganan yang serius, dan yang terpenting adalah menumbuhkan kesadaran manusia akan lingkungan.

Sebagai puncak acara dies natalis ini, pada Kamis/25 Mei 2017, mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB di gedung Saifudin Zuhri IAIN Tulungagung, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Jurusan TBIO, Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM serta tampilan fashion show dan pentas seni. Sebagai puncak acara pentas seni dihadirkan pula grup musik tradisional "Nusaswarasa" dari Panggul Trenggalek serta pengumuman pemenang lomba artikel, fashion show dan fotografi.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung