Direktori  

   

Jalin Kerja Sama dengan Polandia, FTIK Gelar Studium Generale

Tulungagung—Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung bekerja sama dengan Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) menggelar studium generale dengan menghadirkan dosen dari  Universitas Adam Mickiewicz (UAM) Poznań, Polandia, Dr. Daria Zozula, M.A. (16/11). Kegiatan ini bertujuan membuka wawasan dan menjalin kerja sama antarperguruan tinggi, terutama dalam bidang pembelajaran bahasa Indonesia.  Hal ini dipandang penting mengingat bahasa Indonesia kini semakin diminati dunia dan diperkuat kedudukannya di Indonesia.

Universitas Adam Mickiewicz (UAM) merupakan salah satu perguruan tinggi di Polandia yang sejak tahun 2004 membuka Prodi Bahasa Indonesia. Perguruan tinggi ini dikenal sebagai perguruan tinggi terbaik dalam bidang kajian bahasa. Dr. Daria Zozula, M.A. adalah dosen bahasa Indonesia dan ilmu terjemah di UAM. Dia menjadi asisten profesor di Fakultas Ilmu Bahasa Modern yang penelitian-penelitiannya banyak mengulas bahasa dan budaya Indonesia. Sebelumnya, Dr. Daria Zozula, M.A merupakan lulusan Prodi Etnolinguistik angkatan pertama berspesialisasi Bahasa Indonesia (2004) dan beberapa kali mengikuti program Darmasiswa RI di Indonesia.

“Mengapa orang Indonesia malu berbahasa Indonesia? Orang Indonesia tidak boleh malu. Harus bangga. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan kan?” kata Dr. Daria membuka pidatonya. Sebanyak 171 mahasiswa yang hadir di acara yang ini seolah diingatkan kembali agar senantiasa setia dan mencintai bahasa Indonesia. Dr. Daria menuturkan bahwa di Poznań, Polandia mahasiswa sangat senang belajar bahasa juga budaya Indonesia. Selain mempelajari buku tata bahasa Indonesia, mereka juga senang menyanyikan lagu Indonesia, lagu daerah di Indonesia, memasak makanan Indonesia, serta mendongeng dongeng Indonesia untuk anak-anak Polandia.

Studium generale yangdiselenggarakan di aula rektorat lantai 3 ini berjalan sangat lancar dan menarik. Peserta tampak sangat antusias, terutama ketika mendengarkan penuturan narasumber tentang aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia di Polandia. Beberapa peserta mengikuti diskusi tanya jawab sampai berpantuan ria. Mahasiswa juga sangat tertarik untuk mempelajari lebih banyak kegiatan belajar di sana, bahkan peluang kerja mahasisa IAIN Tulungagung di UAM jika suatu ketika bisa menyelesaikan program S-2.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Dr. Faktul Mujib, M.Ag. selaku Wadek I FTIK yang membuka acara ini, Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. selaku Kajur TBIN sekaligus ketua pelaksana, Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. selaku moderator acara, para dosen dari TBIN dan tamu undangan. Acara yang dimulai pada pukul 08.15 ini diakhiri pukul 11.00 dengan pembahasan MoU. Diharapkan dari acara ini dapat terjalin kerja sama yang lebih baik, seperti pertukaran pelajar dan dosen, penelitian kolaboratif, dan sebagainya. Setelah diskusi selesai, tidak lupa acara ramah-tamah sambil mempromosikan masakan khas Indonesia serta aktivitas beserta komunitas budaya di IAIN Tulungagung. (RA)

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung