Direktori  

   

Studium General Jurusan Pendidikan Bahasa

Pada tanggal 25 Juli 2022, jurusan Pendidikan Bahasa yang terdiri dari prodi Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, dan Tadris Bahasa Indonesia FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah menggadakan acara studium general yang berjudulkan “Penguatan Peran Bahasa Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi di Abad ke 21” oleh Bapak Ahmad Saifulloh, M.Pd., P.hD. Beliau merupakan direkter pengembangan Bahasa dari Universitas Darussalam Gontor. Dalam seminar tersebut, beliau menyampaikan materi dengan tema “Developing Communication Skill in 21st Century”.

            Dalam penjelasan beliau menyampaikan mengenai industry 4.0, society 5.0 dan kemampuan yang dibutuh dpada abad ke 21. Pertama-tama narasumber, menceritakan apakah industry 4.0 yang menurut sejarah jika industri tersebut berkembang dari industry 1.0 pada tahun 1787 yang meliputi mechanization, steam power dilanjutakan pada industry 2.0 yang berkembang pada tahun 1870 meliputi mass production, assembly line. Dan pada industry 3.0 yang berkembang pada tahun 1363 dan pada saat ini industry 4.0 sedang berkembang di seluruh duina yang terfokus dalam perkembangan cyber physical system, internet network. Kemudian narasumber menambahkan  jika industry 4.0 menyediakan kemampuan pribadi dengan menggunakn teknologi seperti kecerdasan buatan yang dapat menrasfer atau mengambil keputusan yang dimiliki manusia ke sitem elektronik dan mesin.

            Setelah membahas mengenai industry, narasumber melanjutkan bahasan dengan membahas mengenai society 1.0 hingga 5.0 yang juga mempengaruhi berupahan beberapa aspek dari society hingga city ideal. Kemudian, narasumber juga menyinggung mengenai apakah itu society 5.0? menurut penjelasan dari narasumber jika society 5.0 memaksa atau meminta masyarakat untuk dapat menjadi seseorang yang mampu menjadi pandai dalam besosial. Sehingga dalam abad yang ke 21 ini, masyarakat dapat menumbuhkan kemampuan untuk mendukung berbagai hal seperti kreativitas, berpikir kritis dll. Selain itu kemampuan bersosial juga sangat diperlukan seperti kemampuan berkomunikasi dalam membangun hubungan yang  baik. Selain kegiatan seminar, FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatulaah juga melalukan penandatangan MoU dengan pihak Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Darussalam Gontor.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung