Direktori  

   

PGMI Menyelenggarakan Seminar Nasional Pendampingan Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah dasar

Tulungagung, 23 Mei 2023 UIN SATU Tulungangung, mengadakan Seminar Nasional Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan dengan tema “Pendampingan Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik Anak Sekolah Dasar” yang bertempat di Aula lantai lima gedung Pascasarjana, yang di ikuti oleh 320 mahasiswa PGMI semester 2 dan 4.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut Di tandai dengan penampilan tari gambyong yang dibawakan oleh mahasiswi PGMI. Dilanjutkan yaitu opening ceremony dan disusul dengan sambutan dari Koordinator Progam Studi PGMI Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Beliau memberikan arahan dan harapan “Semoga acara tersebut bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi Mahasiswa untuk menjadi pendidik yang lebih berkompeten baik bidang akademik maupun non akademik” tuturnya dalam sambutannya. Selanjutnya sambutan yang kedua disampaikan oleh wakil dekan bidang kemahasiswaan Dr. Muniri M.Pd “Acara yang semestinya bertempat di aula gedung Arief Muttaqiem harus bergeser di sini walaupun seperti itu, antusiasme dan semangat para peserta semoga tidak berkurang sedikitpun”, tuturnya dalam sambutannya sekaligus membuka acara seminar nasional pada pagi hari ini.

Selanjutnya masuk pada materi yang pertama yakni strategi pembelajaran motorik halus terhadap pengaruh potensi siswa sekolah dasar yang di sampaikan oleh Dr. Andi Asrifan M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan “hal yang dibutuhkan saat ini adalah problem solving, yaitu penerapan penyelesaian masalah dengan solusi” tuturnya dalam salah satu ungkapannya dalam materi yang di sampaikan. Karena permasalahan yang ada di zaman sekarang semakin lebih kompleks dan lebih banyak lagi. Jadi solusi yang tepat menurut beliau kompleks problem solving merupakan strategi dan pendekatan yang efektif “Semakin banyak tangan kita berikan kepada orang alain maka semakin banyak pula tangan-tangan tuhan yang akan memberi kepada kita” tuturnya di peghujung acara penyampaian materi yang pertama.

Setelah penyampaian materi yang pertama dibuka sesi tanya jawab, antusisme peserta dalam sesi tanya jawab ini sangat luar biasa, sesi tanya jawab ini memberikan ruang bagi para peserta seminar untuk ber interaksi dengan narasumber.

Pukul 12.00 lanjut kepada materi yang ke dua yaitu mengenai materi dan praktik motorik kasar yang di sampaikan oleh Dr. Pramono, S.Pd, M.Or. dari Universitas Negeri Malang sebagai narasumber “Dalam melakukan praktek motorik kasar pada anak usia sekolah dasar dapat dilakukan dengan penggabungan materi dan praktek permainan yang seru” tutur beliau dalam materinya. Setelah peyampaiaan materi para peserta seminar melakukan praktek membuat tiga model permainan dengan alat-alat yang sudah disediakan. Ada yang membuat model permainan keseimbangan, kecepatan dan ketangkasan. Bagi yang membuat model permainan yang terbaik akan mendapatkan sebuah buku dari bapak Dr. Pramono M.Pd, sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme kepada peserta seminar. Pukul 15.20 berakhir sudah acara seminar pada siang ini. “jadilah pendidik yang kompeten untuk mencapai tujuan pendidikan” pesan beliau di akhir penyampaian materi.

Acara seminar tersebut dari awal sampai akhir berjalan dengan sangat lancar. Antusiasme dari mahasiswa khususnya mahasiswa PGMI khususnya sangat luar biasa “Acara yang luar biasa ini sangat bermanfaat bagi kami guna meningkatkan pengetahuan kami khususnya di bidang pertumbuhan dan perkembangan motoric pada anak usia sekolah dasar” ujar Irfan salah satu mahasiswa PGMI yang ikut serta dalam seminar ini. Harapannya semoga acara seperti ini dapat memberikan motivasi dan semangat belajar kepada mahasiswa dan memberikan ilmu yang bermanfaat. Walaupun singkat, semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dengan baik, smoga para mahasiswa bisa mengimplementasikan materi dalam seminar dalam kehidupan sehari-hari.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung