Direktori  

   

Menerima Kunjungan Monev Field Study FITK UIN Suka Yogyakarta

Pada Hari Kamis, 10 November 2022 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menerima kunjungan dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rombongan FITK UIN Sunan Kalijaga yang dipimpin Wakil Dekan I Prof. Dr. H. Abdul Munip, M.Ag. disambut dengan penuh rasa kekeluargaan oleh Dekan FTIK UIN SATU Tulungagung Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. yang didampingi para wakil dekan, kajur/sekjur, dan pengelola jurnal.
 
Kunjungan yang digelar di Ruang Dekan FTIK Gd. Arief Mustaqiem ini dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan Uji Kompetensi Lapangan (UKL)/Field Study (FS) mahasiswa FITK UIN Sunan Kalijaga di UIN SATU Tulungagung.
 
Kegiatan FS merupakan bentuk implementasi dari MoU yang sudah dilaksanakan oleh kedua lembaga. Kegiatan yang berbasis kepada mahasiswa ini menjadi trigger untuk penerapan kerjasama pada bidang yang lainnya. “Kerjasama yang dimulai dari program mahasiswa ini mudah-mudahan menjadi suatu pendorong awal kerjasama pada level-level berikutnya. Seperti kerjasama antara dosen dengan dosen,” ujar Prof. Dr. H. Abdul Munip, M.Ag. 
 
Dalam sambutannya Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. juga berharap ada outcome yang dihasilkan dari kerjasama FS yang sudah berjalan ini. “Saya berharap riset mahasiswa itu menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasin di jurnal bereputasi ya. Artikel jurnal ini menjadi hasil yang konkret dari penelitian mahasiswa,” papar dekan yang menyandang Guru Besar Bidang Sosiologi Pendidikan tersebut.
 
Wakil Dekan III FTIK UIN SATU Tulungagung Dr. Muniri, M.Pd. menambahkan jika perlu adanya penelitian kolaboratif antara dosen dengan mahasiswa yang outcome-nya bisa dirasakan oleh keduanya. “Artikel yang akan dipublikasikan itu baiknya harus menggandeng dosen sebagai co-author. Selain menjadi legitimasi dalam penelitian, dosen yang dilibatkan dapat membantu penerapan dari peningkatan mutu penelitian program studi. Dimana mewajibakan kolaborasi penelitian antara mahasiswa dan dosen,” ungkapnya.
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama. (*)
 
 
 
   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung