Direktori  

   

FTIK UIN SATU Gelar Penandatanganan MoU dengan FIK UNM Makassar

Pada hari Selasa, 24 Januari 2023, diadakan kegiatan penandatanganan MoU antara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Makassar. 
Bertempat di Gedung FIK UNM, Dekan FIK UNM Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes. menjelaskan bahwa Kerjasama harus ditingkatkan baik dari kampus yang sama di bawah Kementerian Ristekdikti maupun antar kementerian, salah satunya adalah UIN SATU. 
"Kami berharap dengan Kerjasama dalam bidang Tridharma dapat terus ditingkatkan, sebab dalam masa sekarang kunci utama adalah bisa berkolaborasi dengan siapapun, dengan berbagai Lembaga serta berbagai disiplin kelimuan, yang tidak hanya multidisplin, interdisiplin tapi seharusnya sampai pada transdisiplin keilmuan," ungkap Prof. Dr. Hj. Hasmyati, M.Kes.
"Dalam kehidupan dunia yang ditandai dengan arus perubahan yang sangat cepat dalam segala bidang, dibarengi ketidakpastian yang tidak terelakkan serta semakin terinterkoneksikannya jaringan keilmuan, antarbangsa dunia di muka bumi, manusia dituntut untuk mampu berpikir tingkat tinggi, mampu menjadi pribadi adaptif, dalam upaya memecahkan masalah-masalah baru yang saling berkait," paparnya.
"Teknologi Informasi dan Komputer telah membawa kita jauh ke dalam Transdisiplin Keilmuan, seperti halnya dalam dunia Pendidikan, khususnya Keolahragaan dan Kesehatan, Teknologi tersebut membantu pekerjaan dalam membuat, mengubah, menyimpan, menyampaikan informasi dan menyebarluaskan informasi secara cepat dan berkualitas serta efisien," imbuh dekan FIK UNM Periode 2022-2026.
Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. memaparkan bahwa Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka menuntut kolaborasi dan integrasi keilmuan pada berbagai bidang, tidak terkecuali bidang Pendidikan dan Teknologi. Dengan adanya MoU antara UNM Makassar dengan UIN SATU merupakan bagian dari implementasi MBKM. Karena MBKM sudah diterapkan di UIN SATU. 
"Langkah awal Kerjasama dan akan ditidaklanjuti dengan MoA / PKS antara Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi – FKK – UNM dengan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SATU. Salah satu bentuk MoA tersebut dengan melaksanakan workshop, salah satunya adalah Workshop Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Berbasis Digital Bookcreator, dengan pemateri ahli bidang teknologi keolahragaan Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Diharapkan dalam workshop tersebut ada transformasi keilmuan dalam bidang teknologi kepada Dosen dosen UNM kepada Mahasiswa dan nantinya bermanfaat bagi peserta didik serta kemajuan keilmuan," ujar dekan yang asli Blitar tersebut.
Desain Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka makin digalakkan di dunia pendidikan masa kini dengan menekankan pada kesadaran bahwa siapapun berhak dan bebas mengenyam pendidikan kapan saja dan di mana saja bagaimanapun kondisinya. Proses belajar mengajar dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pembelajaran Tatap Muka (PTM), ataupun Hybrid (kombinasi PJJ dan PTM) menjadi lebih lancar dengan hasil yang lebih optimal berkat kemampuannya menghandle semua kebutuhan mulai dari absensi dan izin, administrasi, penyampaian dan akses materi pembelajaran, kelola buku perpustakaan, hingga ujian, penyusunan kurikulum belajar, serta komunikasi antara pihak sekolah, siswa dan orangtua yang lebih efektif, dan masih banyak lagi.
Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan foto bersama, serta ramah tamah. (*)
   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung