Direktori  

   

Muasykar Lughoh Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

 

Kamis, 7 Januari 2016, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) telah sukses menyelenggarakan agenda tahunan yang bernamakan Muasykar Lughoh yang berlangsung selama 4 hari 3 malam yang bertempat di Dsn. Santren Ds. Kalidawir Kec. Kalidawir.

Apakah Muasykar lughoh itu? Muasykar lughoh adalah acara perkemahan yang bertemakan bahasa yang diadakan oleh HMJ PBA dalam rangka meningkatkan kemahiran berbahasa serta bersosialisasi bersama masyarakat sekitar. Dalam muasykar lughoh sendiri ada 4 kegiatan pokok yakni bermukim selama 4 hari, perlombaan, materi kebahasaan dan tadabbur alam. Para peserta yakni seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab semester 1 yang wajib bermukim selama 4 hari guna bersosialisasi bersama masyarakat sekitar. Dalam acara ini juga diadakan berbagai macam perlombaan diantaranya yakni khitobah (berpidato bahasa Arab), Imathah (Cerdas cermat), Mujadalah (Debat bahasa Arab), ghina’ Arabiy (menyanyikan lagu berbahasa Arab), Syi’ir Arabiy (berpuisi bahasa Arab), Taqdimul Qishah(bercerita bahasa Arab).

 

Peserta dibagi menjadi 11 kelompok. Setiap kelompok wajib mengirimkan perwakilan dalam setiap cabang perlombaan. Para peserta sangat antusias dalam berpartisipasi dalam acara ini, bahkan telah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum memasuki hari H muasykar lughoh. Pada hari ketiga peserta dihadapkan pada kegiatan tadabbur alam. Pada kegiatan ini peserta diharuskan mempersiapkan fisik dan kekompakan setiap kelompok, karena setiap kelompok wajib menjaga telur yang sudah disediakan oleh panitia agar tidak pecah. Di samping itu mereka harus melewati medan perjalanan yang tak mudah, seperti sawah, ladang, sungai, jembatan kayu yang kecil dan jalan terjal berbatuan untuk mencapai tiap-tiap pos. Akhirnya dengan semangat dan kegigihan para peserta semua bisa melewati jalur yang telah ditentukan panitia. Pada malam harinya adalah malam puncak acara. Di malam itu para finalis yang telah diseleksi pada perlombaan di hari sebelumnya mulai beradu kembali untuk memperebutkan juara pertama. Acara berlangsung dengan lancar di bawah naungan sang rembulan.

Esoknya memasuki hari terakhir peserta maupun panitia gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar yang digunakan dalam acara muaskar lughoh selama 4 hari. Setelah bersih-bersih acara pembagian hadiah dilaksanakan. Pemenang khitobah diraih oleh Zaenul Mukorrobin sebagai juara pertama dan Evin N.M. sebagai juara kedua, imathah diraih oleh kelompok Choiruddin juara pertama dan kelompok Thufail juara kedua, taqdimul qishah dimenangkan oleh Ria sebagai juara pertama dan Wulan sebagai juara kedua, ghina’ Arabiy dimenangkan oleh Ulvi sebagai juara pertama dan Alfi sebagai juara kedua, qiraatus sy’ir dimenangkan oleh Intan sebagai juara pertama dan Yuninda sebagai juara kedua, mujadalah dimenangkan oleh Kelompok 2 sebagai juara pertama dan kelompok Ernis sebagai juara kedua.

Akhirnya acara ini mumtaz dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) dan partisipasi seluruh warga PBA. Tahyal Arabiyah!!!.(HMJ PBA)

 

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung