Direktori  

   

PBA dan PAI Raih Akreditasi Predikat Unggul, FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Makin Jaya

Tulungagung---Bulan Ramadhan memberi berkah bagi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pada hari ini, Jum’at 5 April 2024, program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) mencatatkan prestasi membanggakan. Kedua prodi ini berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan.

Raihan akreditasi Unggul untuk prodi Pendidikan Bahasa Arab ini tertuang dalam Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor 439/SK/LAMDIK/Ak/S/IV/2024 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Sementara raihan akreditasi Unggul untuk prodi Pendidikan Agama Islam ini tertuang dalam Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor 453/SK/LAMDIK/Ak/S/IV/2024 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Kabupaten Tulungagung.

Dalam surat keputusan yang ditandatangani Ketua LAMDIK, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd disebutkan, raihan akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Arab adalah Unggul dengan nilai 376, sedangkan predikat untuk Prodi Pendidikan Agama Islam adalah Unggul dengan nilai 377. Status, nilai, dan peringkat akreditasi dalam keputusan ini berlaku terhitung dari 6 Maret 2024 hingga 5 Maret 2029 (untuk Prodi PBA) dan dari tanggal 20 Maret 2024 hingga 19 Maret 2029 (untuk Prodi PAI).

Perolehan akreditasi Unggul kedua prodi ini menambah daftar prodi berakreditasi Unggul di lingkungan FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Data BAN-PT mencatat, ada 4 prodi sarjana di lingkungan FTIK yang berakreditasi Unggul yaitu Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tadris Matematika, yang terbaru Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam.

Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. mengatakan perolehan akreditasi dari LAMDIK ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi FTIK UIN SATU Tulungagung. Prof. Abd. Aziz menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan FTIK dan pengelola prodi PAI dan PBA atas prestasi tersebut.

“Selamat kepada prodi PAI dan prodi PBA. Capaian ini sangat membanggakan dan melegakan. Tentunya ini adalah kebahagiaan kita semuanya di UIN SATU Tulungagung,” tutur Prof. Abd. Aziz.

Sementara itu, Dekan FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dr. Sutopo, M.Pd menyampaikan selamat atas raihan akreditasi Unggul yang didapat Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Prodi Pendidikan Agama Islam. Beliau berharap raihan ini makin menguatkan kualitas akademik dan membawa keberkahan di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung khususnya di FTIK dan semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi prodi-prodi lain untuk berjuang hingga mencapai predikat Unggul. admin ftik/np

 

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung