Direktori  

   

Workshop Pembelajaran Online Dosen IAIN Tulungagung

Jum’at-Ahad, 8-10 Nopember 2013 bertempat di Hotel Narita Tulungagung, Jurusan Tarbiyah mengadakan workshop Pembelajaran Online. Workshop ini menghadirkan narasumber Tim ahli ICT dari Unesa Surabaya, Dr. H. Andi Mariono, M.Pd beserta tim.

Dasar acuan diadakannya workshop ini adalah, dalam era global sekarang mau tidak mau kita harus berhubungan dengan dunia teknologi khususnya teknologi informasi.  Perkembangan teknologi menjadikan masyarakat haus akan informasi. Dengan teknologi pula berbagai kemudahan dalam berkomunikasi dari berbagai daerah dan bangsa kita dapatkan, dan tanpa disadari internet telah menyentuh kehidupan kita sehari-hari. Sementara itu, perguruan tinggi sebagai mercusuar dunia pendidikan  mentransformasikan berbagai informasi kepada peserta didik dan masyarakat luas. Batas ruang waktu dan jarak sudah bukan merupakan kendala untuk melakukan komunikasi, pembelajaran dan transformasi pengetahuan. Oleh karena itu sudah menjadi suatu kebutuhan para dosen IAIN Tulungagung untuk memiliki skill dalam penggunaan pembelajaran berbasis teknologi, mulai dari online learning, e-learning, web-based learning/training, dan sebagainya.

Adapun teknis langsung mengenai pembelajaran dengan multimedia, pembuatan blog tiap dosen,  proses meng-upload silabi mata kuliah, desain pembelajaran, maupun  materi perkuliahan dalam tiap tatap muka, variasi pembuatan power point, flash, maupun link ke video/youtube dipraktekkan secara langsung selama workshop, sehingga ditargetkan seluruh dosen Tarbiyah IAIN Tulungagung pada tahun 2014 telah memiliki keahlian dalam penggunaan pembelajaran  online. Hal ini sebagaimana dinyatakan Kajur Tarbiyah, Bpk. Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I, dalam sambutannya tatkala secara resmi membuka workshop.

Untuk mendukung target tersebut, workshop ini diikuti pula oleh seluruh jajaran Pusat Komputer (PUSKOM) dan 58 dosen jurusan Tarbiyah, dengan harapan ada sinergi antara Puskom dengan jurusan dalam rangka penguatan program pembelajaran.

Pembelajaran berlangsung sangat menarik dan mengesankan karena peserta melakukan praktek langsung dengan laptop untuk membuat blog masing-masing serta dibekali dengan silabus dan desain pembelajaran yang telah disiapkan sebelumnya untuk bisa di up-load di Blog masing-masing. Aktifitas keseriusan peserta namun menyenangkan sebagaimana tampak dalam gambar berikut ini:

 

       

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung