Direktori  

   

Monev USKA-PPG DalJab Bagi Guru Madrasah tahun 2023

Pada hari Jum’at sampai hari Minggu tanggal 24-26 Maret 2023, Ujian Seleksi Kompetensi Akademik program Pendidikan Profesi Guru (USKA - PPG) Dalam Jabatan (DalJab) Bagi Guru Madrasah tahun 2023 yang diadakan oleh Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Ada dua dosen dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai Petugas Monitoring dan Evaluasi dalam kegiatan USKA PPG tersebut yang diwakili oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kegiatan Monev tersebut dilaksanakan di MTsN 1 Kota Malang dan MAN Kota Batu. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan dan pelaksanakan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 dengan pemantauan terhadap sarpras, wawancara pengawas, wawancara peserta, serta memantau pelaksanaan ujian serta permasalahannya.
Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari. Hari pertama, Jum’at 24 Maret 2023 dilakukan kegiatan pemantauan Persiapan Pelaksanaan Ujian yang berlokasi di MTsN 1 Kota Malang. Hari kedua, Sabtu, 25 Maret 2023 kegiatan diawali perkenalan dengan Kepala MTsN 1 Kota Malang dan dengan beberapa tenaga pendidik. Kemudian, melakukan pengecekan kondisi tempat pelaksanaan ujian dan sarpras yang digunakan, selanjutnya, dilakukan wawancara dengan Pengawas Ujian dan Peserta yang telah melaksanakan Ujian sesi pertama. Setelah melakukan wawancara, data yang didapatkan kemudian disusun menjadi sebuah laporan monitoring dan evaluasi. Setelah menyelesaikan penyusunan laporan, dilakukan kegiatan ramah tamah dengan bapak Kasi Kota Malang di lokasi yang sama.
Hari ketiga, Minggu 26 Maret 2022 kegiatan diawali perkenalan  dengan Kepala MAN Kota Batu dan dengan beberapa tenaga pendidik. Kemudian, melakukan pengecekan kondisi tempat pelaksanaan ujian dan sarpras yang digunakan. Selanjutnya dilakukan wawancara dengan peserta yang telah melaksanakan Ujian sesi pertama dan dengan Pengawas Ujian. Setelah mendapatkan data hasil wawancara, dilakukan penyelesaian laporan monitoring dan evaluasi.
Kegiatan tersebut untuk memonitoring kelemahan kelamahan yang terjadi saat ujian USKA PPG Daljab, seluruh laporan yang telah disusun dilaporkan kepada Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan dan menjadi pertimbangan untuk pelaksanaan kegiatan berikutnya.
 
Dalam wawancara door-stop-interview Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. mengatakan ada beberapa kendala yang perlu segera diatasi.
 
“Ada kendala yang perlu diperbaiki, yaitu jika ada soal yang ada gambarnya, ketika diunggah tidak bisa,” ujarnya.
 
“Kedua, ditemukan soal HOT tanpa pernyataan, tapi ada pertanyaan,” imbuhnya.
 
Pak Adi selain itu memuji penyelenggaraan kegiatan tersebut karena sudah ada alat yang memadai.
 
“Secara keseleuruhan perangkat sudah bagus dan sangat memadai,” papar dosen yang juga menjabat sebagai Koorprodi PGMI tersebut. (*)
   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung