Direktori  

   

STADIUM GENERAL JURUSAN TARBIYAH FTIK UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG 2023

Hari Selasa Tanggal 06 Juni 2023 berlangsung kegiatan Studium Generale yang bertempat di Aula Gedung K.H. Arief Mustaqiem Lantai 6, kegiatan ini bertepatan pada Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 dan sebagai kegiatan tahunan Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU Tulungagung). Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 350 peserta, baik dari kalangan Dosen maupun Mahasiswa di Jurusan Tarbiyah diantaranya adalah Prodi PAI, Prodi PGMI, Prodi MPI dan Prodi PIAUD dan acara dimulai pukul 08.00 WIB. Pembawa acara mempersilahkan para peserta dan undangan berdiri untuk menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan disusul dengan Mars UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, setelah itu lantunan Ayat Suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung bergema di ruang berlangsungnya acara.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung yang diwakili oleh Bapak Ketua Jurusan Tarbiyah Dr. Muhammad Zaini, M.A berpesan untuk mahasiswa agar mengikuti acara ini dengan bersungguh-sungguh karena mendatangkan narasumber profesor dan sekaligus ketua Asosiasi Prodi PAI se Indonesia Prof. Dr. Eva Latipah.

Memasuki acara inti Studium Generale yang disampaikan oleh Prof. Dr. Eva Latipah dengan tema “Guru Profesional dan Integrasi Berfikir Komputasi” mahasiswa terlihat antusias. Landasan Urgensi Berpikir Komputasi bagi Guru Profesional Penggunaan berpikir komputasi bagi Guru Tarbiyah professional telah termaktub dalam Permenag No. 16/2010, ayat 1 bahwa salahsatu kompetensi pedagogik guru professional adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan agama.

Diantara ciri berpikir komputasi Memformulasikan per-masalah dengan cara menggunakan komputer atau alat lain untuk membantu menyelesaikan; Logika dalam mengelompokkan dan menganalisa data; Merepresentasikan data melalui abstraksi seperti model dan simulasi; Solusi yang diautomatisasi melalui proses berpikir secara algorithmic (sederet langkah-langkah); Identifikasi, analisa dan mengimplementasikan kemungkinan solusi dengan tujuan memanfaatkan kombinasi langkah-langkah ataupun sumber daya yang paling hemat dan efektif.

Generalisasi dan pemindahan cara penyelesaian masalah ini dalam masalah yang lebih umum; Besar harapan kami agar kegiatan Studium Generale dengan narasumber dari berbagai kampus dapat terselenggara kembali dan semoga ilmu yang diperoleh dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peradaban di masa yang akan datang. (ftik)

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung