Direktori  

   
Notice
  • Lack of access rights - File '/fileberita/photo/online/buku_mnj_kecil.jpg'
  • Lack of access rights - File '/fileberita/photo/online/buku_mnj_kecil.jpg'

Buku Manajemen Public Relations

Judul Buku: Manajemen Public Relations Pondok Pesantren

Penulis : Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang unik, tidak saja karena keberadaannya yang sudah sangat lama, tetapi juga karena kultur, metode dan jaringan yang diterapkan oleh lembaga agama tersebut. Selain itu pondok pesantren juga sebagai sistem pendidikan yang asli (indegenious) di Indonesia. Indegenioutas pesantren kontras berbeda dengan praktek pendidikan pada institusi pendidikan lainnya, sehingga dinamika sekaligus problematika yang muncul kemudian, juga menampilkan watak yang khas dan eksotik.

Pondok pesantren telah dianggap sebagai model institusi pendidikan yang memiliki keunggulan, baik dalam tradisi keilmuannya, yang dinilai sebagai salah satu tradisi yang agung (great tradition), maupun pada sisi transmisi dan internalisasi moralitasnya. Sedangkan di sisi lain, pesantren juga merupakan pendidikan yang dapat memainkan peran pemberdayaan (empowerment) dan transformasi sosial (civil transformation) secara efektif.

Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan keagamaan Islam,sejak awal berdirinya telah memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencerdaskan bangsa, dan juga telah memberikan andil yang besar dalam pembinaan dan pengembangan kehidupan umat Islam di Indonesia. Keberadaan pesantren selalu mendapat perhatian dan pengakuan dari masyarakat. Para pengamat perkembangan masyarakat di Indonesia, di antaranya kata Mukti Ali, mengakui bahwa pesantren telah berhasil melahirkan para pemimpin. “Tidak sedikit pemimpin negeri ini, baik pemimpin yang duduk dalam pemerintahan atau bukan, besar ataupun kecil, yang dilahirkan oleh pondok pesantren.

Ketahanan pondok pesantren menjadi hal yang unik dan menarik untuk diadakan suatu penelitian, karena jika dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang serupa di negara-negara lain, maka pondok pesantren di Indonesia merupakan lembaga pendidikan Islam pertama yang mengadopsi sistem pendidikan pertama di Indonesia, yaitu padepokan dan mampu merespon tantangan-tantangan zamannya dengan sukses. Sementara itu, sistem pesantren yang dikembangkan oleh kaum sufi baik di Malaysia maupun Thailand bagian utara, sekarang ini senantiasa merana ditekan sistem sekolah model Barat. Ini berarti tanpa disadari terdapat fungsi public relations yang telah berjalan di pondok pesantren dalam menjalin hubungan dengan masyarakat

Berdasarkan pemikiran dan hasil riset, maka penulis tergerak untuk menuangkan dalam bentuk buku yang penulis beri judul,Manajemen Public Relations Integratif: Konsep, Teori dan Aplikasi di Pondok Pesantren.Semoga buku ini bisa memberikan gambaran dan ide baru tentang fenomena dan fakta public relatuions di lingkup lembaga pendidikan Islam, khususnya pondok pesantren.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung