Direktori  

   

BIMBINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN MANAJEMEN REFERENSI

Kegiatan Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah dan Manajemen Referensitelah sukses diadakan oleh Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada hari Rabu, tepatnya tanggal 10 Mei 2023. Dalam kegiatan ini, mengundang langsung dua pemateri yang sangat luar biasa dari Universitas Gadjah Madadan Universitas Sebelas Maret. Pemateri pertama,Prof. Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D yaitu Guru Besar Kimia Komputasi dariUGM dan pemateri kedua Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D yaitu Buru Besar Kimia Analitik di UNS. Adapun kegiatan ini dibuka oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I selaku Wakil Dekan 1 yang mewakili Dekan FTIK sekaligus memberikan cindera mata untuk kedua pemateri. Adapun dalam pembukaan kegiatan ini, beliau juga menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan maksimal sehingga mahasiswa dapat memperoleh ilmu baru mengenai kepenulisan dan dapat menulis karya tulis ilmiah yang tersusun secara sistematis dan terstandar.

Pada materi pertama ini disampaikan oleh Prof. Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D dengan judul “Pernak-pernik, Kiat dan Tips dalam Penulisan Artikel Ilmiah Eksakta/Kimia”. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa setiap orang berkesempatan untuk menulis. Adapun dalam kegiatan menulis dibutuhkan effort yang tinggi dan harus konsisten. Selain itu, kiat-kiat dan tips dalam menulis juga disampaikan beliau yang tak lain dengan melakukan riset, menulis manuskrip, mengenali website pendukung, serta adanya niat dan komitmen yang kuat untuk menulis, kemudian riset tersebut didiseminasikanatau dipublikasikan dalam bentuk artikel.

Adapun pada materi kedua disampaikan oleh Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D yaitu seorang guru besar Kimia Analitik dari Uiversitas Sebelas Maret dengan judul “Penulisan Artikel Ilmiah Bidang Pendidikan Kimia”. Pada materi ini, beliau juga menyampaikan bahwa semua orang berkesempatan untuk menulis yang penting ada niat dan konsisten dengan tujuannya tersebut. Selain itu, beliau juga menyampaikan terkait pentingnya menulis artikel, langkah-langkah menulis artikel ilmiah, sistematika penulisan artikel ilmiah, proses yang harus dilakukan sebelum artikel, serta manajemen referensiyang mendukung proses penulisan karya tulis, seperti mendeley, zotero, dan lain sebagainya.

Dari pemaparan kedua pemateri dan sesi tanya jawab yang telah dilakukan, sebanyak kurang lebih 200 peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan didapati 3 kesimpulan bahwa setiap orang berkesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi, setiap orang juga berkesempatan untuk menulis berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan, dan setiap orang yang menulis harus memiliki niat yang kuat untuk menulis, konsisten, percaya diri, selalu mencoba tanpa takut akan kegagalan, serta memiliki minat baca yang tinggi dan memperbanyak review jurnal penelitian. Adapun closing statemement yang memotivasi mahasiswa untuk selalu menulis artikel dan karya tulis adalah “Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belangnya, adapun akademisi meninggalkan karya tulis”.

   
© Tarbiyah IAIN Tulungagung